Pages

Rabu, 11 Juni 2014

ANGKA SIAL?


Mengapa Angka 13 = Angka Sial

Mungkin diantara kamu banyak yang takut dengan angka 13. Yup, angka 13 bagi sebagian besar orang dianggap sebagai angka sial sehingga sebisa mungkin menghindari unsur yang berbau angka 13 dalam berbagai hal. Bahkan ada sebagian juga yang takut atau phobia dengan angka ini. Biasanya orang yang takut dengan angka 13 ini memiliki sebutan triskaidekafobia. Sebenarnya bagaimana sih asalnya angka 13 itu angka sial?? Konon, ketakutan akan bilangan 13 dihubungkan dengan kepercayaan orang-orang Katolik pada posisi ke-13 pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, yang dianggap sebagai pengkhianat. Tidak hanya itu, banyak misteri yang sering dikaitan dengan angka 13 lho.. mauu tau ceritanya??
  1. Kaum Kabbalah Kabbalah adalah ajaran mistis kuno yang dimiliki oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Firaun. Yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan sebagainya. Bangsa Yahudi merupakan kaum yang secara ketat memelihara ajaran Kabbalah. Mereka juga dikenal sebagai kaum yang gemar mengutak-atik angka-angka (numerologi). Angka 13 dianggap sebagai angka suci yang mengandung daya magis dan sisi religius. Maka, mereka selalu menyusupkan unsur angka 13 ke dalam sisi kehidupannya.Seperti kartu Tarot yang berjumlah 13 atau kartu Remi yang berjumlah 13 di masing-masing karakternya.
  2. Friday The 13th Berdasarkan laporan dari The Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville, Amerika Serikat menyatakan bahwa tenyata setiap hari Jumat tanggal 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 sampai dengan 900 juta dollar. Hal ini dikarenakan banyak orang yg mengalami ketakutan untuk travelling, bekerja maupun melakukan kegiatan bisnis. Ketakutan akan hari Jumat tanggal 13 disebut juga paraskavedekatriaphobia atau Paraskevidekatriaphobia.
  3. Masyarakat China Sudut pandang berbeda tentang ketakutan pada angka 13 datang dari masyarakat China. Masyarakat China memandang angka 13 sebagai angka sial karena apabila angka tersebut dijumlahkan akan tercipta angka 4 (1 +3 = 4). Angka empat dalam bahasa Cina bila diucapkan dengan intonasi berbeda (sie) bisa memberikan 2 makna yaitu empat dan mati = sial.
  4. Nama Masyarakat Barat juga percaya apabila jumlah huruf pada nama seseorang dapat berujung sial. Ini karena para pembunuh sadis memiliki jumlah huruf sebanyak 13 dalam namanya. Seperti Jack the Ripper, Charles Manson, Theodore Bundy dan Albert De Salvo.
  5. Makan Malam di Hotel Savoy Hotel berbintang Savoy di London ini memiliki cerita menarik. Ketika ada tamu hotel yang akan makan malam berjumlah 13 orang, manager hotel tersebut akan menaruh maskot kucing hitam di kursi khusus. Kucing hitam ini berfungsi untuk menemani tamu di meja makan.Sehingga jumlah tamu menjadi 15. Karena mereka percaya bahwa orang yang makan berjumlah 13 orang, maka 13 orang tersebut akan mati pada tahun berikutnya.
Hmm, sebenarnya ada banyak cerita dibalik angka 13. Bagaimana kisahmu dengan angka 13?? Angka sial ataukah menjadi angka keberungtungan? Sebenarnya dibalik angka 13 ini merupakan kepercayaan atau ketakutan orang saja karena semua itu merupakan misteri dari Allah swt.

0 komentar:

Posting Komentar