Pages

Rabu, 22 Mei 2013

MEMELIHARA SEMANGAT


Membangkitkan dan Memelihara Semangat

  Setiap manusia membutuhkan semangat untuk melakukan amal-amal kebaikan bukan saja amal-amal kebaikan, bahkan seorang penjahatpun memiliki semangat yang luar biasa untuk melakukan pekerjaan buruknya. Semangat kita butuhkan untuk memacu kita agar lebih baik lagi dalam melakukan suatu kebaikan. Semangat merupakan suatu kekuatan yang tumbuh dari dalam diri manusia untuk melakukan suatu aktivitas baik yang negatif maupun positif. Semangat perlu kita tumbuhkan dalam kehidupan yang kita jalani. Sangatlah mudah menumbuhkan semangat, namun ada juga yang sulit membangkitkan semangatnya. Sepertinya semangat merupakan hal sepele, namun ternyata tidak juga terbukti banyak kita jumpai orang-orang yang tidak memiliki semangat bahkan mereka adalah orang-orang muda yang seharusnya memiliki semangat menggebu-gebu.

   Semangat tidak terpengaruh dengan usia, pendidikan, kedudukan, keturunan, kecerdasan,  kesempurnaan tubuh dan lain sebagainya. Banyak kita temui orang-orang yang berpendidikan rendah justru memiliki semangat melebihi orang-orang yang berpendidikan tinggi. Kita lihat mbok-mbok atau mbah-mbah penjual sayur di pasar pagi yang rata-rata berpendidikan SD bahkan tidak tamat, mereka memiliki semangat yang luar biasa untuk mencari nafkah keluarga bahkan dari segi usia mereka lebih tua. Tidak ada alasan kita sebagai orang yang  berpendidkan, cerdas dan berusia muda namun tidak memiliki semangat dalam menjalani kehidupan.Tentunya mudah membangkitkan semangat, namun tidaklah mudah mempertahankan semangat yang selalu dan terus-menerus berkobar dalam diri kita. Maka perlu memelihara  semangat dalam diri kita agar tidak mudah hilang. Semangat yang perlu dibangkitan dipelihara tentunya semangat untuk melakukan kebaikan-kebaikan bukan semangat untuk melakukan keburukan-keburukan. Bagaimana membangkitkan semangat dan memeliharanya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
1.





















2.






3.





4.





5.
Niat ditujukan karena Allah swt.
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatan tergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan. (HR. Bukhori Muslim)
Hadits tersebut sangat gamblang mengatakan bahwa segala sesuatu yang akan kita lakukan haruslah ikhlas mengharap ridho Allah, sehingga semangat untuk terus mendapat ridho-Nya akan bersemayam dalam diri kita. Jika dalam berproses ternyata niat kita berubah, maka luruskan kembali jangan sampai kita mengikuti hawa nafsu kita. Terus lakukan evaluasi terhadap niat kita apakah terjadi perubahan?.

Berteman dengan orang-orang yang bersemangat
Sulit mencari teman-teman yang mempunyai semangat tinggi, namun bukan berarti tidak ada. Kalau kita termasuk orang yang sulit membangkitkan semangat, maka carilah teman-teman yang pebuh semangat sehingga kita bisa tertular semangatnya.

Baca kisah-kisah orang yang bersemangat
Banyak buku yang berisi kisah orang-orang yang semangat menghadapi dan menjalani kehidupannya dalam serba keterbatasan. Kita bisa belajar dan mengambil hikmah dari kisah tersebut yang tentunya dapat memompa semangat kita.

Belajar dari alam dan lingkungan sekitar
Bisa dari alam semesta ciptaan Allah swt. seperti tanaman, hewan bahkan manusia itu sendiri atau dari lingkungan kita seperti orangtua, kakak, adik, anak kita, tetangga dan teman kerja. Kita bisa belajar dari mereka dan bisa kita ambil sisi positif dari mereka yang dapat membangkitkan dan memelihara semangat kita.

Buat kata/kalimat motivasi
Ini sangatlah mudah, kalau tidak bisa buat sendiri kita bisa copy paste dari Al-Qur'an, hadist, nasihat para sahabat, tabi'in, motivator yang sukses,  dan lain sebaginya lalu kita tempel kata/kalimat tersebut di ruang kerja kita, kamar kita atau di ruangan yang mudah terlihat sehingga kita bisa melihatnya dan ketika membacanya kita kembali bersemangat.
Semoga kita termasuk orang-orang yang bersemangat
Bersemangat dalam beribadah 
Bersemangat dalam memperbaiki akhlaq
Bersemangat dalam menambah ilmu pengetahuan
Bersemangat dalam berdakwah
Bersemangat dalam berjihad
Bersemangat...bersemangat…. dan terus bersemangat……..
Wallahu’alam bishshowab…
ikhlas-aracollection


2 komentar:

Makhyatul Fikriya mengatakan...

sip thanks

Makhyatul Fikriya mengatakan...

sip thanks untuk pencerahnya

Posting Komentar