Pages

Jumat, 25 April 2014

MENINGKATKAN KONSENTRASI



Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi  memiliki manfaat yang luar biasa terhadap produktivitas hidup kita. Konsentrasi dapat memberikan ketenangan pikiran.  Agar bisa konsentrasi, lakukan hal-hal berikut:

I.     Fokus

Konsentrasi berarti  Anda dapat memfokuskan pikiran pada satu hal. Konsentrasi mencakup konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan tugas, pekerjaan dan masalah. Apapun aktivitas Anda, di perlukan untuk focus agar cepat menyelesaikannya dan hasil memuaskan. Anda akan kehilangkan konsentrasi bila Anda menghadapi satu tugas dan di ganggu tugas lain dalam waktu bersamaan. Jadi jelas, untuk bisa konsentrasi Anda harus berhenti mencob melakukan beberapa hala bersamaan. Apabil;a Anda sedang membaca buku, jangan memikirkan apa yang akan di poerintahkan orang tua Anda, atau lainnya. Apabila kita dapat fokus, kita akan bisa mendapatkan intensitas luar biasa yang akan membuat kita menyelesaikan tugas – tugas dengan lebih cepat.

II.    Belajar Mengontrol Pikiran

Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha kita untuk mencapai konsentrasi penuh. Solusi satu – satunya adalah belajar untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita. Namun sering kali semakin kuat kita menolak gangguan yang masuk, malah semakin kuat gangguan itu di pikiran kita. Karena kita memang tidak punya pilihan untuk menerima dan menolak pikiran. Jadi, jika ada gangguan luar masuk pada pikiran Anda, biarkan saja masuk, lalu secara perlahan keluarkan gangguan itu dengan halus.
Ketika kita melakukan usaha untuk mencapai tujuan, sangat mudah untuk bermimpi, mengharapkan sesuatu yang jauh dari kemmpuan kita dan ahirnya kehilangan focus. Sebenarnya agar tujuan cepat terealisasi adalah ketekunan untuk berkonsentrasi tanpa ada pikiran yang mengganggu.
III.  Praktek
Konsentrasi adalah merupakan suatu aktivitas. Tentu saja, semakin kita praktekkan dan latih, akan semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Konsentrasi adalah seperti otot tubuh, semakin kita melatihnya, maka akan semakin kuat pula jadinya. Memang tidak ada latihan khusus yang spesifik untuk konsentrasi, namun hidup memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk melatih konsentrasi. Kuncinya adalah untuk selalu berusaha dan berlatih terus menerus  untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.
IV.   Membiasakan Diri untuk Rileks
Ada banyak cara teknik mengontrol pikiran untuk bisa rileks, sebenarnya untuk bisa rileks yang perlu Anda lakukan adalah konsentrasi. Anda harus membagi waktu dalam keseharian Anda. Ada wktu untuk kerja dan santa. Teknik mengontrol pikiran ini bisa Anda laakukan misalnya dengan  meditasi, yoga, tai chi, dan  melakukan ibadah yang sesuai dengan aturan.
V.     Berganti Tugas
Mungkinkan kita seharian bekerja dan menyelesaikan tugas atau belajar dengan tetap konsentrasi? Jawabannya sangat mungkin sekali. Jangan monoton melakukan satu tugas dalam waktu yang lama, ini sangaat membosankan. Konsentrasi terhadap satu hal untuk waktu yang lama sangatlah sulit. Oleh karena itu, berikan otak untuk istirahat.  Gunakan kekuatan konsentrasi untuk istirahat. Misalnya bagi waktu Anda satu jam pertama untuk konsentrasi pada tugas tertentu, setelah itu pindah ke tugas yang alin dan tetaplah konsentrasi pada tugas kedua ini. Berpindah  satu tugas  ke tugas yang lain dengan tetap konsentrasi sama dengan istirahat.
VI.    Jaga Kondisi Fisik
Kekuatan konsentrasi bergantung kepada kondisi fisik Anda. Apabila Anda merasa lelah atau kurang fit, konsentrasi akan menjadi lebih sulit. Dari itu lakukan tiga hal ini untuk menjaga kesehatan:
  • Atur pola makan.  Menurut Elizabeth Somer, seorang ahli diet dan penulis Food & Mood: The Complete Guide to Eating Well and Feeling Your Best, sembilan dari 10 orang yang tidak sarapan akan merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi di sore hari. Pastikan Anda memulai aktivitas dengan sarapan, karena ini adalah ‘modal’ energi. Selain itu juga disarankan untuk makan karbohidrat dan protein sintesis sebagai menu makan siang untuk memaksimalkan energi dan menjaga konsentrasi.
  • Cukup tidur. Dengan kebiasaan melakukan segalanya serba cepat, itu akan membuat Anda kurang istirahat. Kondisi seperti ini akan menyebabkan penurunan tingkat konsentrasi secara drastis pada sore hari. Jadi, cobalah untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup, karena selama tidur sel-sel otak juga melakukan proses perbaikan. Ini sangat penting untuk menjaga konsentrasi.
  • Olahraga. Anda harus memberikan prioritas kepada kesehatan Anda. Tubuh sehat berarti semua anggota tubuh juga sehat. Termasuk otak, jika  otak sehat, maka akan mudah untuk konsentrasi.
Tentunya tiap orang mendambakan konsentrasi, karena konsentrasi adalah perasaan rileks. Selamat berlatih dan meningkatkan konsentrasi!
By: artikelterapi


0 komentar:

Posting Komentar